Senin, Desember 22, 2008

ibu : sebuah pengabdian tanpa batas

Ibu, mama, bunda, umi, nyokap atau apapun namanya, adalah sosok yang pasti selalu melekat dalam ingatan kita. manusia yang mempunyai kesabaran, pengorbanan dan ketulusan luar biasa...dari sejak mengandung kita, merawat dan membesarkan kita sejak lahir, mendidik dan mengajari dengan penuh kasih sayang dan dedikasi yang tanpa pamrih. sungguh sebuah pengabdian dan pengorbanan tidak ternilai, oleh apapun...

sejak kehamilan, yang makin lama makin besar [dan makin berat] pasti membuat kerepotan tersendiri dalam beraktivitas. namun 'ibu' tidak menganggap itu sebagai sebuah gangguan. justru 'ibu' merasa bangga dengan perutnya yang membuncit. saat melahirkan, 'ibu' bertaruh nyawa demi kelahiran bayinya. betapapun sekarang teknologi kedokteran sudah sedemikian maju dan canggih, tak pelak proses persalinan adalah sebuah pertaruhan, bagi nyawa 'ibu' dan bayi.

saat kita masih bayi, (sungguh) sebenarnya kita demikian merepotkan, tapi bagi 'ibu' itu adalah sebuah seni, seni merawat bayi. kita buang air kecil dan buang air besar setiap saat. tidak mengenal tempat, tidak mengenal waktu. namun 'ibu' dengan sabar senantiasa membesihkannya, mengganti popok/pakaian kita. ketika tengah malam dalam lelap tidur kita menangis untuk sekedar minta minum asi, 'ibu' dengan sigap melayani.

ketika kita mulai belajar berdiri dan berjalan, ibu adalah orang yang setia membimbing. ibu pula yang pertama mengajari kita membaca, menulis, menanamkan budi pekerti. semua itu 'ibu' kerjakan tanpa melalaikan tugas dan pekerjaan rumah tangga lainnya. sebagian 'ibu' bahkan ada yang bekerja di luar, mencari nafkah dan menjadi tulang punggung bagi keluarganya. memberi dan memberi yang terbaik untuk anak-anaknya, itulah yang ada dalam pikiran 'ibu'.

buat ibuku, mamanya anakku dan juga ibu anda, selamat hari ibu...semoga ketulusan dan pengorbanan 'ibu' mendapat pahala dariNya. bagaimanapun, itu adalah balasan yang setimpal karena apapun yang aku [anak-anak] lakukan sekiranya tidak akan sebanding dengan pengorbanan dan kasih sayang yang ibu berikan, sejak aku bersemi dalam rahimmu sampai saat ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar